Cara Mengetahui Private Key Blockchain

852 Dilihat

Cara Mengetahui Private Key Blockchain

Dewasa ini, dunia memperkenalkan sistem serba digital dan virtual. Contohnya saja cryptocurrency dan teknologi blockchain. Setiap transaksi cryptocurrency membutuhkan suatu kode unik atau private key demi menjaga keamanan. Lantas bagaimana cara mengetahui private key blockchain?

Apa Itu Private Key Blockchain dan Berbagai Istilah di Dalamnya?

Transaksi mata uang digital sudah lama berlangsung di Indonesia. Mata uang yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah Bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang crypto yang pertama kali muncul dan tercipta pada tahun 2009 lalu.

Dalam penciptaannya hanya terdapat 21 juta bitcoin saja. Jumlah yang terbatas menjadi alasan utama mengapa mata uang ini menjadi aset investasi karena harganya berpotensi terus naik.

Semua cryptocurrency termasuk Bitcoin menggunakan private key dan public key sebagai sistem keamanan sekaligus pintu yang menghubungkannya dengan blockchain. Blockchain adalah database digital yang menyimpan catatan transaksi dan mengadopsi kriptografi.

Kriptografi adalah metode untuk mengenskripsi data menjadi bahasa komputer yang tidak dapat dibaca manusia. Setiap catatan transaksi yang tersimpan pada blockchain akan dienskripsi sehingga kerahasiaan dan keamanannya terjaga.

Pengguna tidak dapat mengakses blockchain sembarangan, harus menggunakan private key dan public key yang sebelumnya pun harus melalui enskripsi terlebih dahulu. Private key ibaratknya kunci atau tanda tangan digital untuk mengakses blockchain.

Sifatnya rahasia dan harus disimpan dengan baik, sebab kehilangan private key artinya adalah kehilangan semua bitcoin yang Anda miliki, karena private key tidak dapat dipulihkan kembali. Lalu bagaimana cara mengetahui private key blockchain? Mari simak tutorialnya berikut ini.

Tutorial Cara Mengetahui Private Key Blockchain

Cara mengetahui private key blockchain adalah memiliki sebuah dompet bitcoin terlebih dahulu. Langkahnya mudah, pertama silahkan kunjungi situs berikut ini https://login.blockchain.com/#/signup.

Pada halaman tersebut, silahkan pilih create wallet untuk membuat dompet bitcoin milik Anda sendiri. Setelah klik create wallet, akan muncul form yang meminta input informasi berupa alamat email dan password.

Silahkan isi form tersebut kemudian lakukan verifikasi pada email. Setelah verifikasi, dompet bitcoin Anda sudah selesai dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Karena sudah memiliki wallet bitcoin, selanjutnya mari kita lihat bagaimana cara generate privte key dan public key wallet bitcoin.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa informasi tentang private key dan public key terdapat pada file bernama wallet.dat. Ketika Anda menjalankan software bitcoin core untuk pertama kalinya, sistem akan otomatis menggenerate wallet addres.

Hal yang akan kita cari tahu dalam tutorial ini adalah bagaimana proses generate itu berlangsung sehingga kita menemukan cara mengetahui private key blockchain.

Dalam generate private key blockchain kita bisa menggunakan generator key milik pihak ketiga, yaitu bitaddress.org. File ini dapat Anda akses melalui GitHub.  Langkah awal silahkan unduh file generator key terlebih dahulu, simpan dalam format zip lalu ekstrak di komputer.

Setelah filenya di ekstrak, cari file bernama bitaddress.org.html dan jalankan pada browser. Pada saat file berjalan di browser, secara otomatis akan melakukan generate private key dan public key sesuai dengan address yang kita miliki.

Cara Meningkatkan Keamanan Blockchain

Setelah tahu bagaimana cara mengetahui private key blockchain, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara meningkatkan keamanannya. Sekali lagi, perlu Anda catat bahwa ketersediaan bitcoin sangat terbatas, dan private key tidak dapat dipulihkan apabila hilang ataupun dicuri seseorang.

Karena itu, Anda harus memasang sistem keamanan ganda, tidak cukup dengan private key saja. Salah satu upaya meningkatkan keamanan tersebut menggunakan 2FA atau Two Factor Authentication.

Cara kerjanya adalah mendapatkan dua kali kode autentikasi yang dikirim melalui email ataupun SMS pada nomor yang Anda gunakan. Dengan 2FA Anda bisa mencatat backup phrase yang terdiri atas 12 kata pendek dan berfungsi sebagai cadangan apabila tidak dapat mengakses blockchain.

Cara lain untuk meningkatkan keamanan blockchain adalah menggunakan smart contract audit. Apa itu smart contract audit? Berikut penjelasannya rincinya!

Apa Itu Smart Contract Audit?

Smart contract adalah fitur yang terdapat dalam blockchain Ethereum. Fitur ini mengizinkan pengguna untuk mencatat transaksi tanpa validasi dari pihak ketiga. Singkatnya, smart contract adalah bahasa pemograman yang tercipta untuk mengatur kontrak transaksi antara dua pihak secara otomatis dalam sistem blockchain.

Dalam blockchain, smart contract berperan sebagai sistem keamanan ganda yang memudahkan dalam transaksi. Pengguna tidak perlu saling mengenal ataupun saling percaya saat bertransaksi. Proses transaksi berlangsung apabila seluruh persyaratan dalam kode sudah terpenuhi.

Lebih rincinya, berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan smart contract audit pada transaksi cryptocurrency.

  • Pertama, smart contract memiliki sifat transparan, sehingga Anda boleh menaruh kepercayaan tinggi terhadapnya.
  • Tak cuma transparan, teknologi ini memiliki akurasi yang tinggi karena prosesnya berlangsung otomatis.
  • Keuntungan ketiga adalah keamanan yang terjamin karena smart contract mengadopsi sistem desentralisasi.
  • Menggunakan smart contract artinya Anda telah menghemat pengeluaran karena tidak membutuhkan pihak ketiga dalam memvalidasi transaksi.
  • Keamanan dokumen sangat terjaga karena prosesnya menggunakan kriptografi.
  • Keuntungan terakhir yang Anda dapatkan adalah jaminan kecepatan dan efisiensi transaksi. Hal ini terjadi akibat proses yang berlangsung sudah terkomputasi, tidak dengan cara manual.

Kira-kira, itulah sejumlah keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan smart contract audit dalam transaksi cryptocurrency.

Selain memudahkan transaksi, smart contract juga bertugas untuk meningkatkan keamanan. Dalam transaksi cryptocurrency, kedua belah pihak harus terverifikasi terlebih dahulu untuk menghindari adanya kecurangan bahkan penipuan.

Tak sedikit kasus penipuan terjadi dalam transaksi cryptocurrency. Maka dari itu, smart contract hadir untuk upaya pencegahan.

Setelah mengetahui apa itu smart contract audit dan cara mengetahui private key blockchain, maka saatnya Anda untuk mempraktekkannya langsung demi menjaga keamanan transaksi kedepannya.

 

Galeri untuk Cara Mengetahui Private Key Blockchain

Gambar Gravatar
Suka Dunia Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *