Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Pentingnya Bagi Investor

43 Dilihat

Rapat umum pemegang saham atau yang sering disebut dengan RUPS adalah rapat yang ditujukan untuk para pemegang saham baik mayoritas maupun minoritas sampai komisaris. Tujuannya yaitu untuk menentukan arah kebijakan perusahaan dalam perjalanannya.

Karena pentingnya RUPS ini bagi arah kebijakan perusahaan, maka tidak heran bahwa keputusan RUPS bisa bukan hanya menjadi acuan namun juga perubahan. Tak jarang banyak hal terkait penting baik dari segi bisnis dan investasi lahir dari keputusan dalam RUPS ini.

Pada dasarnya RUPS akan menyatukan berbagai kepentingan dari banyak pihak, termasuk diantaranya adalah investor. Itulah mengapa investor pemula wajib tahu mengenai RUPS dan arah kebijakan yang nantinya dihasilkan.

Jenis dan Kapan RUPS dilaksanakan

RUPS pada dasarnya dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Dalam prakteknya antar satu perusahaan dengan lainnya tidaklah sama.

  1. RUPS Tahunan, ini merupakan rapat umum pemilik saham yang paling umum. Biasanya momen awal atau akhir tahun perusahaan akan menggelar RUPS ini untuk memaparkan evaluasi berupa kelebihan dan kekurangan perusahaan kepada seluruh pemilik saham. Otomatis arah RUPS ini lebih kepada pandangan kedepan dan masukan untuk meningkatkan performa perusahaan.
  2. RUPS Luar Biasa (extraordinary) merupakan rapat umum pemilik saham yang dilaksanakan ketika kondisi perusahaan sangat membutuhkan pembenahan dalam waktu singkat dan mendesak. Karena sifatnya yang mendesak, maka RUPS ini bisa dilaksanakan sewaktu-waktu. Biasanya RUPS ini lebih menentukan karena bisa saja terjadi penggantian komisaris maupun perubahan struktur direksi sampai perubahan pada aktivitas perusahaan.

Keputusan Pasca RUPS

Hasil RUPS pada dasarnya harus disetujui oleh bukan hanya pemegang saham, namun semua unsur perusahaan. Termasuk diantaranya komisaris dan dewan direksi yang menjalankan perusahaan sampai level bawah.

Setelah itu hasil dari RUPS harus segera dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan. Setelah eksekusi hasil RUPS akan ada revisi jika masih ada perubahan yang diperlukan. Tenggat waktu penetapan sesuai dengan yang dihasilkan dalam rapat tersebut.

Namun, apabila terdapat konflik atas hasil RUPS tersebut, biasanya mekanisme penyelesaian hukum menjadi langkah terakhir. Tentu saja jika kedua pihak tidak menemui kata sepakat atau hasil RUPS terlalu dipaksakan.

Pentingnya RUPS bagi Investor

Jelas bahwa RUPS sangat penting bagi investor untuk tidak hanya melihat perkembangan perusahaan, melainkan evaluasi harga, nilai, performa sampai fundamental perusahaan.

Investor juga berhak menyuarakan suaranya meskipun mungkin anda adalah pemilik saham minoritas. Tentunya hal tersebut nantinya akan didiskusikan lebih lanjut, namun hak suara ini tentu diharapkan dapat membawa perubahan positif pada perusahaan.

Selain itu investor juga akan mengetahui lebih dalam apakah saham yang dipegangnya masih worth untuk dipertahankan atau tidak. Inilah terkadang yang lebih penting bagi investor karena RUPS juga bisa menentukan arah investor itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *