Pengertian Amend/Withdraw

Pengertian Amend Withdraw

Pengertian Amend

Amend mengacu pada perubahan nilai baik bertambah maupun berkurang sesuai dengan keinginan investor dalam penjualan dan pembelian saham.

Hal ini bisa kita temui pada kegiatan jual-beli sehari-hari di pasar. Jika anda sedang membeli suatu barang, maka secara teori anda berhak untuk menawar dan bahkan membatalkan pembelian.

Hal ini dilakukan agar anda dapat mendapatkan barang dengan harga yang diinginkan. Anda dapat menawar harga baik menambahkan nilainya maupun menguranginya. Hal inilah yang dinamakan amend.

Tindakan amend biasanya sangat dipengaruhi oleh antrian beli saham yang dilakukan oleh para investor. Logikanya adalah jika anda tertarik untuk mendapatkan saham dengan harga yang sesuai, maka anda harus berada di urutan awal.

Namun, jika anda mengajukan harga yang sama namun anda di belakang antrean, maka mau tidak mau anda harus merubah nilainya. Hal ini dilakukan supaya anda mendapatkan saham yang anda inginkan namun tidak harus berada dalam antrean harga yang sama.

Misalnya, harga saham A dijual emiten dengan harga Rp 1.500,-, maka anda bisa dengan cepat menawar dengan harga yang sama. Namun, jika anda menawar pada antrean ratusan atau ribuan, maka anda bisa menawarnya baik harga Rp 1.350,- (lebih rendah) atau Rp 1.600,- (lebih tinggi) untuk mendapatkan saham yang diinginkan.

Jika harga penawaran oleh emiten atau offer muncul sesuai dengan harga bid yang anda tawarkan, artinya kesepakatan bisa diraih per lembar saham dalam 1 lot-nya.

Amend juga berlaku ketika anda hendak membeli beberapa lot saham. Misalnya jika anda tadinya ingin membeli 80 lot saham, namun harganya terlalu tinggi maka anda bisa mengajukan hanya 40 lot saham saja. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya jika menurut anda membeli banyak lot saham lebih menguntungkan.

Lalu, apa itu Withdraw?

Withdraw merupakan pembatalan transaksi saham yang dilakukan baik ketika penawaran atau ketika transaksi belum dilakukan. Aksi ini lebih berkaitan dengan menjaga valuasi anda sebagai investor agar tidak terjebak harga yang ditawarkan emiten.

Selain itu jika anda merasa bahwa harga saham tersebut mahal, maka setidaknya anda dapat menyelamatkan uang anda.

Withdraw setidaknya dapat menyelamatkan keuangan anda ketika hendak bertransaksi saham baik di bursa efek maupun trading. Walaupun begitu anda harus benar-benar cermat dikarenakan harga saham terbilang dinamis.

Misalnya ketika anda tadinya memasang bid dengan harga Rp 1.700,- untuk saham seharga Rp 1.800,-. Namun ketika lain hari, ternyata nilai saham tersebut sudah turun di angka Rp 1.668,-, maka anda bisa melakukan withdraw segera di angka Rp 1.650,-.

Tentu pembatalan semacam ini diperlukan agar supaya anda mendapatkan harga saham yang lebih menguntungkan bagi anda. Selain itu anda bisa melakukan withdraw ketika anda yakin bahwa harga suatu saham yang ditawarkan emiten terlalu tinggi atau bisa jatuh.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.