Market Cap, Bagaimana Cara Menghitung Nilai Kapital Sebuah Perusahaan

96 Dilihat

Market Cap di dunia bursa efek biasanya merujuk pada nilai kapital perusahaan secara keseluruhan baik aset dan sahamnya. Bisa dikatakan market cap adalah nilai keseluruhan dari perusahaan itu sendiri.

Membicarakan market cap penting dan banyak manfaatnya bagi investor. Bukan hanya berbicara mengenai bagaimana nilai suatu perusahaan saja, namun apakah perusahaan tersebut nilainya baik atau tidak.

Setiap perhitungan market cap terhadap suatu perusahaan, maka akan mempengaruhi bukan hanya investor namun juga nilai investasinya. Inilah mengapa banyak investor yang sudah lama bergelut di bursa efek menjadikan market cap sebagai ukuran selain analisis teknikal dan fundamental tentunya.

Bagaimana Menentukan Market Cap?

Penghitungan market cap sendiri sebetulnya cukup sederhana, yaitu mengalikan harga saham di bursa efek dengan jumlah lembar saham yang diterbitkan. Hasilnya merupakan nilai keseluruhan jika seorang investor ingin membeli saham perusahaan secara keseluruhan.

Gambaran sederhananya adalah sebagai berikut, emiten X menerbitkan saham penawaran awal (IPO) 25% dari keseluruhan saham atau sebanyak 25.000.000.000 lembar saham (25 M). Harga per lembar sahamnya adalah Rp 900,-. Maka market cap-nya adalah sebagai berikut:

25.000.000.000 x Rp 900,- = Rp 22.500.000.000.000 atau Rp 22,5 Triliun

Perlu untuk diketahui bahwa dalam kasus ini tidak seluruh market cap dihitung mengingat yang dihitung adalah jumlah saham 25%. Namun cukup untuk menggambarkan bagaimana menghitung market cap. Hal ini juga berlaku untuk menghitung saham secara keseluruhan.

Jadi mudahnya adalah jika anda ingin menguasai 25% saham emiten X, anda membutuhkan setidaknya 22,5 Triliun Rupiah. Atau jika anda tertarik mengetahui market cap seluruh perusahaan, maka tinggal kalikan saja 22,5 T x 4 = 90 Triliun Rupiah.

Pentingnya Market Cap bagi Investor

Mengingat pentingnya market cap ini untuk investor, anda harus memahami pentingnya penghitungan ini, yaitu:

Membuka Level Harga Suatu Saham

Mengetahui nilai market cap artinya kita akan mengetahui level harga saham yang akan anda beli, apakah termasuk saham baru, middle cap sampai blue chip. Karena dari situlah harga saham sebenarnya anda akan tahu secara keseluruhan.

Mengetahui Nilai Kapital Perusahaan

Tujuan dari penghitungan market cap memang untuk mengetahui nilai keseluruhan perusahaan berdasarkan harga saham kekiniannya. Sehingga dengan penghitungan market cap ini anda sekarang bisa mengetahui dengan jelas nilai kapital perusahaan.

Penunjang Analisis Fundamental dan Teknikal

Penghitungan market cap ini terkadang dimasukkan oleh beberapa investor dalam analisis fundamental mereka. Meskipun ada juga yang memisahkannya, namun banyak investor sepakat bahwa penghitungan market cap ini merupakan salah satu penghitungan penting disamping analisis fundamental dan teknikal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *