Saham Blue Chip, Jenis Saham Unggulan Yang Harusnya Anda Miliki

41 Dilihat

Saham blue chip merupakan saham yang pergerakannya paling baik dan menempati posisi tertinggi di bursa efek. Saham jenis ini baik volume perdagangan maupun jual-belinya memiliki nilai yang baik dan likuiditasnya tidak perlu diragukan lagi.

Saham blue chip rata—rata memiliki valuasi dan jaminan investasi terbaik diantara saham lainnya. Tidak heran kalau saham jenis ini meskipun mahal dalam beberapa hal, namun permintaannya tetap stabil.

Selain itu saham blue chip juga memiliki ketahanan yang baik meskipun bursa saham sedang bergerak negatif. Sederet keuntungan dan ketahanan inilah yang membuat saham blue chips menjadi koleksi baik investor lokal maupun luar negeri.

Ciri-ciri Saham Blue Chip

Konsisten Memberikan Dividen dan Keuntungan

Saham-saham blue chip biasanya memberikan banyak keuntungan bagi investor yang memegangnya tanpa rasa khawatir. Walau investor tetap harus berhati-hati jika fundamental perusahaan bisa berubah, namun saham blue chip punya ketahanan tertentu soal ini. Ini karena performa perusahaan berjalan konsisten dalam mencetak keuntungan dan tentunya pembagian dividen per tahunnya.

Lebih Tahan Resesi

Saham-saham dengan kategori blue chip biasanya volume permintaannya akan selalu ada dan cenderung stabil. Ya, saham jenis ini biasanya didominasi saham yang memang dibutuhkan oleh masyarakat bahkan saat krisis. Tidak heran jika saham perbankan, asuransi, ritel, ataupun pertambangan senantiasa masuk dalam kategori saham blue chip karena permintaan pasar yang begitu kuat.

Market Cap Tertinggi dan Penggerak Pasar

Saham blue chip di Indonesia sering disebut dengan kumpulan saham LQ45, dimana saham ini adalah yang paling mendominasi. Bukan hanya itu, pergerakan saham “elit” ini sangat dinanti oleh analis pasar dikarenakan kemampuannya menentukan harga saham gabungan (IHSG). Ya, saham blue chip pada dasarnya sangat menentukan harga saham bahkan nilai fluktuasinya sekalipun.

Saham Blue Chip di Indonesia Saat Ini

Saham-saham dengan kapitalisasi besar ini di negara kita dikenal dengan istilah saham LQ45. Sesusai namanya, saham LQ45 merupakan kumpulan 45 emiten saham besar yang bisa menggerakkan harga saham gabungan atau IHSG.

Saat ini saham seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Aneka Tambang, sampai Indofood masuk dalam kategori ini. Sudah jelas bahwa saham-saham ini memiliki semua ciri di atas, punya ketahanan, permintaan yang selalu ada dan terbukti punya likuiditas saham yang baik.

Saham LQ45 atau blue chip ini sangat direkomendasikan bagi anda yang menginginkan investasi jangka panjang dan menengah. Ini karena saham-saham tersebut memiliki potensi keuntungan jangka panjang yang menarik dan tentunya lebih aman untuk disimpan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *