Saham Waran, Lebih Menguntungkan Ketimbang Beli Saham Baru?

Waran, adalah hak pendapatan investor selain dari pembagian dividen yang juga berasal dari saham yang dimilikinya. Hak ini biasanya diberikan kepada investor untuk membeli lebih dulu saham atau obligasi emiten yang diterbitkan sebelum meluncur ke pasar modal.

Ketika anda berada di pasar saham, waran ini biasanya tidak jauh berbeda dengan saham pada umumnya. Namun sebenarnya waran ini memiliki angka yang diatur oleh emiten agar pemilik saham bisa membeli saham baru emiten tersebut dengan harga yang murah.

Mekanisme semacam ini mungkin mirip dengan produk turunan emas, seperti cincin atau kalung. Jika dijual kembali di saat yang tepat, maka bukan tidak mungkin harganya jauh lebih mahal ketimbang ketika anda membelinya dalam bentuk emas batangan.

Hal inilah yang menjadikan waran dianggap seperti produk turunan daripada saham yang beredar. Harganya bisa digunakan untuk investasi masa depan yang lebih baik dan bukan tidak mungkin saham yang anda miliki lebih murah juga secara teori.

3 Fakta Seputar Waran yang Anda Harus Tahu

Sebagai produk investasi yang diturunkan dari saham, pasti terdapat beberapa hal yang berbeda antara saham dan waran. Berikut beberapa fakta soal waran:

Kode “W”

Sebagai produk yang diturunkan dari saham, waran memiliki kode khusus ketika diperjualbelikan di pasar saham. Kode yang dimaksud adalah kode “W” yang ada di belakang nama saham. Penamaan semacam ini lebih untuk membedakan antara saham emiten dengan saham yang berfungsi sebagai waran tadi.

Bagaimana Waran Bertumbuh?

Waran sama seperti saham biasa namun biasanya memiliki nilai yang lebih rendah ketimbang saham emiten-nya. Bahkan jjika anda melihatnya di bursa efek, anda akan menyadari bahwa waran lebih mirip saham tidur karena nilainya yang nyaris tidak bertumbuh.

Namun waran bisa sewaktu-waktu diperdagangkan emiten dengan harga yang melonjak. Tentunya tetap dengan adanya kontrol emiten dalam menaikkan harga tersebut.

Nilainya Sangat Fluktuatif

Waran memang menjanjikan sekali terutama nilainya bisa seiring bertumbuh dan dapat menguntungkan investor lama yang sudah memegang lembaran saham sebelumnya. Namun, karena sifatnya yang seperti hantu lantaran bisa “bangkit” dari tidur, tentu anda juga harus memperhatikan hal tersebut. Saham berkode W ini kenyataannya sangat fluktuatif dikarenakan memang dirancang sebagai turunan dari saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.