Mengenal Apa Itu Sekuritas Saham

Sekuritas adalah perusahaan yang sudah mendapatkan izin untuk menyelenggarakan perdagangan saham beserta dengan pengawasannya. Jadi singkatnya perusahaan sekuritas ini adalah perantara antara emiten, investor, broker, dan pengawas pasar saham.

Lembaga ini terdiri atas milik negara melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta. Pastinya terlebih dahulu perusahaan sekuritas ini mendapatkan izin penyelenggaraan dan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan sekuritas pada dasarnya ada untuk menjamin keamanan transaksi jual-beli saham serta penghubung. Biasanya saham—saham IPO yang masih baru, banyak menggunakan jasa perusahaan sekuritas ini untuk menjual sahamnya agar dikenal oleh publik.

Fungsi Sekuritas Saham

Setidaknya ada dua fungsi perusahaan sekuritas saham di dunia bursa efek, yaitu:

Sebagai Perantara (Broker—Dealer)

Semua sekuritas saham pada dasarnya memfasilitasi calon investor dan emiten untuk melakukan transaksi jual beli saham (trading). Pihak sekuritas akan merilis saham mana saja yang tengah aktif dan menawarkannya pada calon investor. Penjualan ini tidak hanya mencakup saham saja, tapi juga surat hutang atau obligasi.

Sebagai Penjamin Emisi Efek (Underwriter)

Perusahaan sekuritas saham sebetulnya juga menawarkan utamanya saham-saham perdana (saham IPO misalnya) dari emiten yang menjadi mitranya. Mereka menetapkan tanggal peluncuran, harga, dan administrasi lainnya berkaitan dengan hal tersebut. Jadi perusahaan sekuritas ini ibarat menyediakan “panggung” bagi emiten penerbit saham agar supaya saham mereka bisa sampai ke pihak ketiga (investor).

Cara Memilih Sekuritas Saham

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ini adalah hal utama yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan akan bertransaksi di perusahaan sekuritas saham mana. Karena banyak sekarang model investasi yang ternyata izin operasionalnya tidak memenuhi standar investasi yang ditetapkan oleh OJK.

Perusahaan sekuritas saham baik asing maupun domestik biasanya memiliki izin penyelenggaraan dari OJK terlebih dahulu untuk memastikan pengawasan usahanya. Hal ini penting demi menjamin keamanan anda ketika bertransaksi.

Kemudahan Layanan dan Customer Service yang Baik

Beberapa sekuritas saham memiliki layanan yang mudah dimengerti calon investor. Kemudahan layanan ini bisa menjadi indikator bahwa perusahaan sekuritas memiliki pengalaman yang baik dalam menangani klien.

Selain kemudahan layanan, anda juga harus mempertimbangkan customer service yang mumpuni. Kombinasi keduanya biasanya berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi saham.

Sesuaikan dengan Keuangan Anda

Sebetulnya hal yang wajar jika perusahaan sekuritas mematok harga tertentu sebagai modal awal anda dalam berinvestasi. Variasi harga yang menjadi patokan setiap perusahaan sekuritas juga saat ini bermacam-macam.

Namun akan lebih bijak lagi jika anda memilih perusahaan sekuritas berdasarkan budget yang anda miliki. Ini lebih baik daripada memaksakan modal yang anda punya, terlebih jika anda baru awal-awal dalam merintis investasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.