Apa Itu Public Expose dan Mengapa Emiten Wajib Melakukannya

Suatu emiten saham normalnya selain mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk melaporkan sejumlah hal terkait perkembangan perusahaan. Namun sebetulnya perusahaan juga diwajibkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengadakan acara public expose setiap tahunnya. Apa itu public expose?

Public expose sebetulnya merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh emiten saham. Acara ini ditujukan kepada siapa saja, baik untuk investor, sekuritas, sampai BEI sendiri dan tentunya untuk publik.

Acara ini bisa dikatakan penting untuk memantau sejauh mana investasi perusahaan berjalan dan progres yang sudah dilakukan. Termasuk diantaranya tantangan perusahaan dalam kurun waktu satu tahun.

Mengapa Public Expose Penting Bagi Emiten Maupun Investor

Public expose karena sifatnya temporal atau dalam hal ini setahun sekali, maka acara ini menjadi sangat penting untuk dinantikan. Ada beberapa hal mengapa anda sebagai investor harus memperhatikan setiap pemaparan yang disajikan oleh emiten. Beberapa hal mengapa public expose sangat penting baik bagi anda maupun emiten, yaitu:

Menentukan Sentimen Pasar

Laporan tiap tahunan public expose sebenarnya adalah yang paling ditunggu utamanya buat para investor. Mereka jelas ingin mengetahui sudah sejauh mana progres perusahaan dalam menginvestasikan modal yang masuk.

Jika laporan keuangan secara umum relatif baik, maka investor tentu akan menyambutnya dan dapat menaikkan harga saham meskipun hanya bersifat sementara. Sedangkan jika sentimen negatif yang muncul, biasanya dikarenakan laporan yang kurang menggembirakan atau kebijakan perusahaan dirasa tidak tepat.

Membaca Arah Tantangan Perusahaan

Public Expose bagi emiten menjadi tempat dimana mereka memaparkan berbagai tantangan perusahaan dalam waktu setahun kebelakang. Ini harus menjadi perhatian anda ketika menghadiri public expose.

Ini dikarenakan dari laporan semacam inilah kita bisa mengetahui bukan hanya keuntungan, tetapi juga proyeksi perusahaan kedepannya. Justru hal inilah yang lebih ditunggu-tunggu oleh investor untuk menentukan sikap dalam berinvestasi.

Prinsip Keterbukaan dalam Berinvestasi

Elemen penting dalam permodalan baik karyawan, investor, sampai pemangku kebijakan ekonomi akan hadir dalam public expose. Tentunya bukan hanya komunikasi satu arah saja yang dibahas, namun juga termasuk kritik dan saran dari elemen tersebut.

Tujuannya yaitu transparansi investasi sehingga tercipta rasa saling percaya dan timbal baliknya. Ini tentunya penting bagi emiten dikarenakan mereka harus menjaga relasi yang ada, sehingga juga terdapat rasa keberimbangan terhadap kemajuan perusahaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.