Mengenal Scalper dengan Scalping Saham

Ada banyak istilah di dunia bursa efek untuk menggambarkan karakter seseorang, mulai dari broker, trader sampai yang paling gelap, bandar saham. Namun tidak semua istilah personal tersebut buruk, termasuk yang satu ini adalah scalper. Siapa dia?

Scalper yaitu orang yang meraih keuntungan dari pembelian dan penjualan kembali saham secara cepat menggunakan teknik scalping. Jadi bisa dibilang scalper ini merujuk kepada orangnya, sedangkan scalping adalah teknik yang digunakannya.

Para scalper ini biasanya menginginkan keuntungan singkat dengan membeli dan menjual saham dengan cara yang cepat. Mungkin terdengar pragmatis bagi sebagian orang, namun para scalper juga menjalani tantangan yang tidak mudah.

Scalping Saham

Setidaknya setiap hari mereka harus menetapkan target keuntungan trading setiap hari dan mencari saham yang menguntungkan buatnya dalam satu hari. Tentu hal ini tidak mudah bagi anda memahami bagaimana keuntungan didapatkan dalam waktu hanya sehari saja dan dilakukan secara terus-menerus.

Namun bagi para scalper hal ini merupakan makanan sehari-hari yang harus dilakukan agar mereka mendapatkan cuan. Tentu saja nilai keuntungan yang diincar otomatis disesuaikan dengan nilai nominal investasi yang mereka punya.

Biasanya para scalper menetapkan keuntungan yang tidak tinggi, minimal di angka 1,5 hingga 3% saja. Namun bagi scalper yang sudah handal, biasanya nilai keuntungan yang ditargetkan bisa lebih dari itu.

Lalu, target saham mereka juga sudah ditentukan sebelumnya, yaitu saham-saham yang memiliki nilai baik dan bisa dijual dalam waktu singkat. Mereka tidak akan membeli saham yang jelas-jelas beresiko ataupun sedang memiliki prospek yang kurang baik. Saham unggulan atau yang tengah menjadi tren lebih mereka sukai.

Selanjutnya mereka juga menetapkan kapan harus cut loss jika mereka tahu saham yang mereka beli salah atau tidak tepat. Biasanya para scalper mendasarkan pada pergerakan bursa saham/trading dengan indikator hijau-merah secara cepat. Teknik ini tentu saja membutuhkan ketelitian dan target cut loss yang juga minimal.

Waktu: Poin Krusial Scalping Saham bagi Para Scalper

Satu hal yang tidak pernah ditinggalkan scalper dalam scalping saham yaitu memantau pergerakan nilai saham secara terus menerus per jam sampai per detik.

Mengapa per detik? Karena sesuai dengan hukum alami saham, pergerakan nilai saham bisa sangat dinamis. Keuntungan bagi para scalper yang menggunakan teknik scalping ini bisa diraih jika kita benar-benar memanfaatkan waktu dengan tepat.

Bahkan, bagi para scalper, waktu adalah bagian dari unsur strategi scalping yang paling vital. Teknik scalping yang terencana dengan waktu yang pas diharapkan bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.